Kejar Prestasi, Raih Mimpi

Oleh : Titis Kusuma Dewi

Semua orang pasti memiliki impian. Impian berguna untuk memotivasi dalam meraih tujuan, salah satunya adalah meraih cita-cita. Menurut Andrea Gani Hidayat (6:2020) impian berarti sesuatu yang diinginkan atau diidamkan. Untuk menggapai mimpi harus dilandasi dengan usaha yang keras, salah satunya adalah dengan meningkatkan prestasi. Menurut M. Zaiful Rosyid dkk (5: 2019) prestasi dapat diartikan sebagai hasil yang diperoleh karena adanya aktivitas belajar yang dilakukan.
Impian merupakan sumber harapan dan cita-cita yang kita inginkan. Prestasi merupakan batu loncatan dan ajang melatih diri dalam pengembangan bakat, kemampuan, dan menumbuhkan semangat untuk menggapai mimpi. Namun jika  enggan mengembangkan diri dan memilih untuk stay di zona nyaman maka tidak akan pernah mempunyai karya dan prestasi. Bahkan impian dan cita-cita akan semakin jauh untuk diraih.
Bentuk dari sebuah prestasi sangat beragam. Tidak hanya mendapat juara dari sebuah perlombaan, tetapimendapatkan nilai ujian bagus dengan usaha sendiri juga merupakan bentuk prestasi yang berharga. Karena prestasi dinilai dari prosesnya.  Berdasarkan kemampuan dan upaya yang dilakukan, bukan dinilai berdasarkan hasil semata.
Secara pengalaman dan kesiapan mental, orang berprestasi pasti lebih unggul dibandingkan dengan yang belum berprestasi. Sehingga dengan meningkatkan prestasi, kita sudah berjalan lebih maju dalam menghadapi mimpi dan cita-cita. Jika semua generasi muda berprestasi maka akan memudahkan mereka dalam mencapai mimpi dan cita-citanya. Hal tersebut juga akan mewujudkan generasi muda yang berkualitas, keluarga yang berkualitas dan bangsa yang maju.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi. Berikut cara-cara untuk meningkatkan prestasi :

  1. Mengembangkan bakat
    Mengembangkan bakat dapat dilakukan dengan menekuni dan fokus terhadap proses yang dijalankan, terus melatih bakat dan kemampuan, mengikuti kegiatan yang dapat mengembangkan bakat, dan gigih dalam berjuang untuk mengembangkan bakat dan menggapai mimpi.
  2. Belajar dengan rajin
    Dengan belajar, maka akan menambah ilmu dan pengetahuan yang berguna untuk meningkatkan prestasi.
  3. Mengikuti ekstrakurikuler
    Mengikuti ekstrakurikuler dapat menambah pengetahuan, pengalaman, dan dapat membantu dalam mengembangkan bakat dan meningkatkan prestasi.
  4. Mengikuti perlombaan
    Meningkatkan prestasi bisa dilakukan dengan mengikuti perlombaan, karena mengikuti perlombaan akan memberikan pengalaman, pengetahuan, dan  meningkatkan sikap kompetitif. Tidak harus mendapatkan juara, karena berani mengikuti perlombaan juga merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi.
  5. Meningkatkan kepercayaan diri
    Untuk meningkatkan prestasi diperlukan kepercayaan diri, agar kita bisa menunjukkan bakat dan kemampuan yang di miliki. Selain upaya dari siswa itu sendiri, pihak sekolah juga membantu untuk mengembangkan prestasi siswa-siswinya.  Sekolah merupakan salah satu wadah yang dapat digunakan untuk mengembangkan bakat, meningkatkan ilmu pengetahuan, dan meningkatkan prestasi siswa-siswinya. Ekstrakurikuler juga merupakan wadah untuk meningkatkan prestasi, karena disana kita akan mendapatkan pengetahuan dan bimbingan untuk meningkatkan dan mengembangkan bakat kita. Contoh ekstrakurikuler di SMPN 2 Pare adalah PIK-R, PMR, pramuka, basket, tapak suci, tari, karawitan dan lain-lain.

Melalui kegiatan ektrakurikuler di atas, banyak siswa-siswi yang berkesempatan untuk mengikuti beberapa perlombaan. Juga mempunyai peluang untuk mengasah bakatnya dalam menggapai prestasi. Berikut tiga siswa berprestasi di SMPN 2 Pare yang berkesempatan untuk berbagi cerita suksesnya

Siswi berprestasi pertama adalah Ester Pratama Hadi Putri. Cara dia memperoleh prestasi yaitu dengan belajar dengan rajin, kerja keras, dan mengasah bakat seninya dalam setiap perlombaan. Prestasi yang sudah diraih oleh Ester adalah mendapatkan juara 2 gitar duet FLS2N tingkat Provinsi 2021, mendapatkan juara 1 cerpen dinas Kab. Kediri 2019, dan mendapatkan juara 2 musikalisasi puisi genre 2019. Prestasi yang dimiliki Ester tentu berpengaruh pada mimpi dan cita-citanya. Cita-cita yang dimiliki Ester adalah ingin menjadi seorang  seniman. Pengaruh prestasi pada cita-citanya yaitu mendapatkan pembelajaran tentang kreativitas, kekompakan, dan keselarasan dari perlombaan yang diikutinya. Ester juga mendapatkan banyak pengalaman yang berguna untuk mengembangkan bakatnya. Pengalaman dan pembelajaran itulah yang nantinya akan membantu dalam menggapai mimpi dan meraih cita-citanya. Dan pada saat ini, pengaruh prestasi yang dimiliki Ester adalah dapat membantunya untuk mengembangkan bakat dan dapat digunakan untuk mendaftar jalur prestasi di sekolah yang diinginkan.

Cerita dari siswa berprestasi lain adalah  Abid Fadlurohman. Abid merupakan siswa SMPN 2 Pare yang memiliki prestasi di bidang kesenian, yaitu tari. Abid memperoleh juara 1 dalam lomba Tunjukkan Prestasimu 2017 di Mojokerto dan pernah menjadi maskot dalam hari jadi Kediri. Prestasi yang dimiliki Abid sesuai dengan cita-citanya, yaitu ingin menjadi koreografer tari. Dengan mengikuti perlombaan tersebut, Abid mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan di bidang tari. Prestasi tersebut dapat membantu Abid dalam menggapai mimpi dan mewujudkan cita-cita. Prestasi yang dimiliki Abid bisa digunakan untuk mengembangkan bakatnya dan membantu untuk memperoleh prestasi yang lebih tinggi lagi. Karena prestasi yang dimilikinya merupakan suatu modal untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di bidang tari. Sampai sekarang Abid terus meningkatkan prestasinya, yaitu dengan mengembangkan bakatnya, mengikuti sanggar tari, dan mengikuti beberapa perlombaan dan festival tari.

Berikutnya adalah Resty Dwi Septiani. Resty merupakan siswi SMPN 2 Pare yang berprestasi. Resty meningkatkan prestasinya dengan cara belajar dengan rajin, mengembangkan bakatnya, dan mengikuti perlombaan. Prestasi yang sudah Resty dapatkan adalah menjadi juara cipta baca puisi dan pernah mengikuti lomba baris berbaris tingkat kabupaten. Prestasi tersebut berpengaruh pada mimpi dan cita-cita Resty, yaitu ingin  menjadi polwan. Sesuai dengan cita-citanya, Resty meningkatkan prestasi dengan cara mengikuti lomba baris berbaris. Mengikuti lomba baris berbaris akan membuat Resty memiliki banyak pengalaman yang bisa digunakan untuk mewujudkan cita-citanya menjadi polwan. Selain itu, pembelajaran baru yang Resty peroleh adalah, menjadi tahu lebih dan kurangnya kemampuan diri sehingga dapat memotivasi untuk lebih meningkatkan kualitas diri.
Siswa-siswi tersebut dapat dijadikan sebagai contoh bahwa prestasi yang dimiliki sangat berpengaruh untuk menggapai mimpi dan mewujudkan cita-cita. Pengaruhnya yaitu dapat melatih bakat yang dimiliki,  dapat menambah pengetahuan dan pengalaman, menumbuhkan sikap kompetitif, dan pastinya akan memudahkan untuk menggapai mimpi dan cita-cita.  Generasi muda yang berprestasi akan membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju dan mewujudkan keluarga berkualitas di Indonesia.

Daftar Pustaka

Gani Hidayat, Andrea. 2020. Impian Sebagai Ide Penciptaan (halaman 6),  http://digilib.isi.ac.id/7033/1/BAB%20I.pdf, diakses pada 12 Oktober 2021 pukul 14.05

Rosyid, M. Zaiful dkk. 2019. Prestasi Belajar. Batu : Literasi Nusantara

About the Author

You may also like these